Minggu, 28 Juni 2020

Rangking oh Rangking

Rangking oh Rangking ....

           Pembagian Raport kembali dilaksanakan di semester genap. Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19 pembagian raport dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Pembagian raport yang seyogyanya dapat dilaksanakan secara online urung dilakukan. Keadaan memaksa membagi raport di sekolah tetapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
           Selalu saja hal yang masih menggelitik yaitu tentang rangking, meskipun di raport sudah tidak dituliskan lagi tentang rangking tetapi itu tetap menjadi pertanyaan yang harus dijawab segera karena membuat penasaran katanya. Kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan.
           Ada orang tua yang merasa sedih ketika rangking anaknya menurun, ada yang merasa senang ketika rangking anaknya meningkat, begitu juga dengan siswanya merasa sedih ketika rangkingnya menurun dan senang ketika rangkingnya naik. Memang hal itu adalah hal yang wajar karena selama ini itu sudah menjadi 
kebiasaan. Kebiasaan yang tentu saja sedikit demi sedikit kita perbaiki. Wajar sedih ketika tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan dan sudah semestinya senang jika mendaptkan sesuatu yang diinginkan. Ketika tidak mendapatkan hal yang diinginkan disitulah kita mesti belajar bahwa dalam hidup ini tidak semua hal bisa sesuai dengan kehendak kita, kita bisa menemui pasang surutnya kehidupan. Belajarlah untuk bisa menerima dengan lapang dada. Ada waktunya kita berada di atas ada waktunya kita berada di bawah. Ketika kita mendapatkan hal seperti yang diinginkan belajarlah bersyukur bahwa itu tidak semata-mata karena usahamu saja tetapi do'a orang tua dan terutama karena Allah sudah memudahkannya.
Namun yang harus menjadi pelajaran bahwa jangan mau dibanding-bandingkan. Semua orang adalah istimewa, memiliki kelebihan masing-masing. Rangking hanyalah salah satu dari beribu-ribu hal yang bisa kita eksplorasi. Tunjukan bahwa kalian adalah orang yang jujur, tunjukan bahwa kalian adalah orang yang bisa dipercaya, tunjukan bahwa kalian orang yang senang bekerja keras, tunjukan bahwa kalian adalah orang yang berguna bagi orang lain, tunjukan bahwa kalian adalah orang yang mandiri, suka menolong orang tua, suka menolong teman, berakhlak mulia dan masih banyak lagi keistimewaan lain yang bisa kalian banggakan dan syukuri.
Selamat berjuang anak-anak ibu semua.... perjalanan masih panjang, raihlah masa depan yang lebih cemerlang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis