Kamis, 11 November 2021

Belajar Portal Rumah Belajar (BAPARA)#09

BERBAGI DAN BERKOLABORASI BERSAMA RUMAH BELAJAR
Rabu, 10 Nopember 2021
Bapara#09



Hari ini diundang oleh komite sekolah untuk mengikuti pertemuan dengan orang tua dalam penyampaian program-program sekolah. Alhamdulillah mendapat kesempatan bertemu dengan orang tua siswa yang mantap dan hebat yang telah bersedia meluangkan diri dan waktu ditengah kesibukannya masing-masing demi kemajuan anaknya.

Mendadak terpikir untuk menyampaikan pemanfaatan fitur rumah belajar kepada orang tua siswa sebagai salah satu solusi dalam penggunaan internet secara sehat. Setelah berkoordinasi dengan pemandu acara dan pihak komite, alhamdulillah diijinkan. Terimakasih pada Bapak Khairullah (Ketua Komite), Bapak Agus Ratmono (Kepala Sekolah), Ibu Hudriah (Waka Humas), dan Ibu Noor Ida Yani (Waka Kurikulum), Bapak Syamsu Anwar (Waka Sarpras) dan Bapak Yunizar (Waka Kesiswaan) yang telah memberi kesempatan untuk berbagi. (Alhamdulillah rompi selalu ada di tas, jadi meskipun mendadak tetap siap, meskipun tanpa rompi pun akan tetap tampil 😀😀)

Orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk mendukung pembelajaran anaknya dan juga mendampingi anak-ananknya belajar di rumah. Orang tua adalah wadah awal anak dalam memperoleh pendidikan, karena pendidikan itu dimulai dari buaian sampai liang lahat. Peran orang tua yang sangat penting dalam mengontrol penggunaan internet anakya ini terkadang terabaikan karena masih banyak orang tua yang belum memahami bahkan tidak tahu bagaimana cara mengontrolnya.

Orang tua yang mau belajar dan berusaha mendampingi anaknya, melihat apa yang dipelajari anaknya, melihat konten yang dibuka anaknya akan sangat membantu kontrol pemakaian internet anaknya.

Fitur rumah belajar merupakan alternatif yang sangat tepat untuk digunakan dalam pembelajaran dan aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. Generasi Z memang tidak bisa dijauhkan dari yang namanya internet, orang tua harus memberikan kesempatan anaknya dalam belajar, namun kontrol dari orang tua jangan sangat penting. Orang tua harus bijak dan harus mau berperan aktif dalam mendampingi anaknya, Mari kita sama-sama menjaga keluarga kita agar tidak terseret kepada hal yang salah dalam kemajuan zaman ini.

Sudahkah kita mendampingi anak-anak kita dalam merambah dunia maya?
Ayo kita belajar dan terus belajar
Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja


#PusdatinKemendikbudristek
#PembaTIK2021
#DutaRumahBelajar2021
#RumahBelajar2021
#BerbagiTIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis