Kamis, 11 November 2021

RUMAH BELAJAR ... DIMANA ALAMATNYA

Sekilas jika kita mendengar kata rumah belajar, maka akan terlintas dalam pikiran kita bahwa ada rumah yang digunakan khusus untuk belajar, terus dimana alamat rumah itu?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan rumah belajar tersebut? Rumah belajar adalah portal yang dirancang khusus untuk membantu guru, orang tua dan siswa yang didalamnya terdapat referensi-referensi yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Alamatnya ada pada https://belajar.kemdikbud.go.id/ 

Rumah belajar ini bisa digunakan dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Rumah belajar mempunyai Fitur Utama yaitu Sumber Belajar,Kelas Maya, , Bank Soal dan Laboratorium Maya. Rumah Belajar juga mempunyai fitur pendukung yaitu Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana  Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Blog Pena, Edugame dan Augmented Reality. Juga terdapat sumber belajar lainnya yaitu Radio Edukasi, m-edukasi, TV Edukasi, Suara Edukasi, E-Modul, PPPPTK-LPPKS, Kursus Darinf, Gerbang Kurikulum dan Sistem Informasi Perbukuan Indonesia.


Sumber Belajar

Sumber belajar menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berrdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambarm video, animasi, simulasi, evaluasi dan permainan. Sumber belajar berisi tentang video-video pembelajaran dan media pembelajaran interaktif. 


Kelas Maya

Kelas maya merupakan Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan dimana saja.

Bank Soal

Bank Soal berisi kumpulan soal dan materi evaluasi yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan dan ujian.

Laboratorium Maya

Laboratorium maya merupakan fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan terori praktikum



Fitur Pendukung



Sumber Belajar Lainnya



Fitur rumah belajar yang mana yang sudah kalian kenal? Ayo segera kunjungi 

Mari kita eksplorasi fitur-fitur yang ada dan manfaatkan baik-baik untuk memudahkan kita dalam belajar dan mengajar.

Belajar dimana saja, kapan saja, bersama siapa saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis