Selasa, 01 September 2020

Bravo Bu Salamah

Tetapkan langkah, satukan otak, bulatkan tekad, lurus ke depan, raih semuanya, Bravo. Kita bisa, kita mampu dan kita akan melewati setiap rintangan dengan mudah

(Salamah, M.Pd)

Ketika Seleksi Penerimaan Pegawai Negeri semakin sulit, maka mentor CPNS dan Psikotest ini siap membantu Anda.  Pada tahun 2019 dengan bimbingan bu Salamah hampir 98% yang lulus SKD dan saat ini ada 25 orang guru yang sedang mengikuti bimbingan beliau menuju tes SKB. Bravo. Sebenarnya mungkin saja ribuan bahkan jutaan orang yang sudah terbantu oleh Ibu Salamah ini.  Siapakah sebenarnya Ibu Salamah ini?

Mengenal Penulis Buku Drilling Psikotes

Salamah, M.Pd , Seorang mentor CPNS dan mentor Psikotest juga adalah Guru di SDN 2 Wonosobo. Pemilik Channel Youtube: Channel Salamah dan instagram salma_abimanyu ini memiliki banyak prestasi diantaranya yaitu pada tahun 2012 sebagai pemenang pertama Lomba Penulisan Atikel Guru Era Baru, pada tahun 2018 sebagai pemenang II Rekor Guru Menulis Tingkat Nasional dan Pada tahun 2019 beliau mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai Guru Paling Produktif Menulis. Untuk lebih mengenal beliau bisa langsung berkenalan dengan beliau lewat facebook, instagram ataupun channel youtubenya.

Pengalaman Menerbitkan Buku


Pada tahun 2011, Beliau pertama kali diminta membimbing sesama guru yang sudah sepuh untuk menaklukkan soal-soal tentang uji kompetensi awal dalam rangka menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG). Kemudian materi-materi yang diberikan itu ditulis dan dijadikan buku oleh Beliau. Meskipun pada awalnya bingung mencari penerbit dari buku yang ditulisnya karena belum berpengalaman, akhirnya pemilik akun facebook Salma Karyodinomo Saimin ini bisa menemukan alamat facebook seorang editor dari penerbit mayor. Bak gayung bersambut beliau akhirnya bisa menerbitkan buku dengan judul "Uji Kompetensi Awal".

Perjalanan menulisnya tidaklah mudah. Buku yang susah payah ditulis tidak banyak menghasilkan royalti yaitu hanya tujuh ratus lima puluh ribu rupiah  selama enam bulan dikarenakan ada yang memfotokopi bukunya ratusan eksemplar. Yang lebih menyakitkan lagi karena yang menggandakan tersebut adalah teman dari bu Salamah sendiri. Beliau sedih karena memikirkan bagaimana penghormatan dan penghargaan terhadap hasil karya orang lain tidak dilakukan sebagaimana mestinya, bagaimana guru nantinya mau menulis kalau penghargaannya sangat kurang. Akhirnya beliau melaporkan kepada kepala dinas yang mendapat apresiasi sangat bagus agar semestinya guru muda itu di support bukan untuk dijatuhkan. Kejadian tersebut menjadi awal beliau sering diminta untuk menjadi nara sumber UKG.


Semangat beliau terus terpacu untuk menulis, pada tahun 2015 beliau akhirnya berhasil menulis buku dengan judul "Drilling Psikotest" dan mendapat predikat best seller karena buku ini hanya dalam waktu 2 bulan telah terjual lebih dari 2000 eksemplar. Sampai saat ini beliau sudah menulis 34 buku dimana 4 diantaranya adalah best seller. Beliau juga tidak perlu mengajukan proposal ke penerbit untuk menerbitkan buku namun penerbitlah yang memberinya tawaran menulis buku. Bravo

Berikut beberapa buku yang telah beliau tulis:

Pada tahun 2015 juga beliau divonis dokter tidak bisa hamil, namun beliau terus berusaha untuk bisa hamil dan berhasil dengan bayi tabung yang tentu saja memerlukan biaya yang besar.  Walaupun mengalami keterpurukan namun beliau tetap semangat dalam menulis dan dengan hasil dari penjualan bukunya tersebutlah Allah memberikan jalan keluar dari permasalahan biaya yang dihadapinya. Bukunya sampai sekarang telah menghasilkan pundi-pundi uang yang banyak untuk digunakan dalam kehidupannya. Royalti tersebut juga dimanfaatkan untuk mengobati anaknya yang di vonis ada kista di otak yang membutuhkan uang ratusan juta rupiah untuk operasinya. Meskipun dibalik kesuksesannya banyak penderitaan dan kesakitan yang dialaminya namu beliau selalu tabah dan sabar menjalaninya. Sesungguhnya dibalik kesulitan selalu ada kemudahan.  Bravo Bu Salamah.

Selain memiliki banyak prestasi, bu Salamah juga berhasil membimbing anak didiknya menghasilkan prestasi, prestasi yang diperoleh anak didiknya antara lain: Juara 2 OSN IPA untuk siswa SD tingkat Nasional, juara pidato tingkat nasional, juara 1 tari tingkat provinsi, membimbing menulis anak SD hingga menerbitkan buku serta mengikuti lomba apoteker cilik tingkat dunia dalam peringatan hari Farmasi Indonesia. Sungguh Luar Biasa. Bu Salamah berprestasi dan menyemai pretasi juga untuk anak didiknya. Sekali lagi Bravo Bu Salamah.

Pemilik suara nan bersahaja ini juga menyampaikan bahwa dalam menulis buku bisa mendapatkan inspirasi dari mana saja tetapi untuk buku mayor inspirasinya adalah dari kebutuhan pembaca. Menurut beliau setiap buku yang ditulis memiliki citaraa sendiri karena setiap buku memiliki cerita sendiri. Buku yang paling membanggakan beliau karena menulisnya bisa bersanding dengan seorang rektor dan guru besar yaitu Prof. Komaedi adalah buku Strategi Pembelajaran. Namun bagi beliau yang paling berkesan adalah ketika karyanya dihargai. 

Bu salamah dengan semboyannya jadilah motivator bagi diri sendiri ini sudah memberikan motivasi dan inspirasi bagi kita semua. Buku-buku yang dihasilkan tentu saja juga sudah banyak membantu orang lain dalam mengikuti seleksi CPNS yang tentu saja secara tidak langsung ikut menentukan masa depan seseorang. Bravo Bu Salamah....


"Kita bisa, kita mampu dan kita akan melewati setiap rintangan dengan mudah"

(Salamah, M.Pd)

Bravo


#Resume Ke-10

Hari/Tanggal     :  Senin, 24 Agustus 2020

Nara Sumber    :  Salamah, M.Pd.

Moderator        :  Mr Bams (Bambang Purwanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis