Selasa, 01 September 2020

Rumus ABCDT untuk Karya Hebat

Dirgahayu Ke-75 Republik Indonesia. 

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

      Kemerdekaan merupakan hasil dari suatu perjuangan dari rakyat dan bangsa Indonesia yang merupakan orang-orang hebat. Saat ini kita sebagai penerus estafet perjuangan harus bisa mengisi kemerdekaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Salah satu orang hebat yang bisa mengisi kemerdekaan dengan karya-karyanya yang hebat Saya temui hari ini melalui WA grup yang difasilitasi oleh Om Jay yang juga adalah orang yang hebat. Siapakah orang hebat tersebut? 

Mengenal Sosok Penulis Muda yang Hebat

     Mengenal dunia menulis semenjak S1 dan bermodal nekat dan otodidak pada lomba karya tulis ilmiah tingkat provinsi, ibu muda ini yang dikenal dengan bu Nora ini berhasil mendapatkan juara 3 tingkat provinsi. Hal ini yang membuatnya ketagihan menulis dan ikut lomba. Dia bisa menyelesaikan S1 dan S2 secara gratis dengan hadiah yang didapatkannya dari lomba.

    Meskipun semangat menulisnya sempat luntur pada saat mulai bekerja dan berkeluarga dikarenakan susahnya membagi waktu, ibu kelahiran Kudus, 12 Juni 1989 ini kembali termantik semangatnya berkarya pada saat pandemi yang dikatakannya sebagai berkah. Hal ini bermula kembali dari mengenal grub belajar Om Jay pada gelombang 8. 

  Karya pertamanya yang dapat terpublikasi di media suara guru dapat dilihat di http://suaraguruonline.com/pembelajaran-daring-sebagai-solusi/ . Kemudian bu Nora mengeluarkan tulisan kedua yang berjudul aplikasi baru untuk pengajar online di majalah geliat gemilang Bandung dan akhirnya berhasil mendapatkan pencapaian terbesar dengan dapat menulis dan menerbitkan buku dengan judul "Digital Mindset" di penerbit mayor Andi yang merupakan hasil kolaborasi dengan Prof. Eko.

     Pengampu mata pelajaran IPA dan prakarya di SMP Negeri 8 Semarang, saat ini menunggu proses penerbitan bukunya yang kedua yang berjudul Jurus Jitu Menulis dan Berprestasi yang merupakan hasil resume gelombang 8. Adapun tulisannya yang berjudul Jurus 4R: Mencatatkan Sejarah Lewat Tulisan dalam https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/05/jurus-4r-mencatatkan-sejarah-lewat.html mendapat apresiasi dari penerbit Andi sebagai tulisan menginspirasi dan mendapat hadiah juga. 

Tips Menghasilkan Buku Hebat

     Rumus ABCDT yang diterapkan oleh bu Nora sehingga menghasilkan karya-karya yang hebat dan luar biasa dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Ambil kesempatan yang ada. Jika kira melihat suatu kesempatan dan kita mempunyai tulisan dengan tema yang dimaksud maka langsung saja kirim tulisan tersebut. Pengalamannya mengambil kesempatan adalah menerima tantangan dari Prof. Eko untuk menulis buku dalam seminggu menghasilkan buku "Digital Mindset"
  2. Beri Target. Target harus disesuaikan dengan outline yang dibuat, jika pada outline ada 5 Bab dan ditargetkan selesai dalam 5 bulan maka setiap bulan wajib selesai 1 bab
  3. Catat Referensi. Setelah memiliki outline dan target selanjutnya adalah mencari referensi sesuai dengan outline. Referensi yang digunakan bisa didapat dari jurnal nasional maupun internasional, buku, modul dan boleh diambil secara online maupun offline. Referensi juga diusahakan terkini dan teraktual.
  4. Displin waktu. Kita harus menentukan waktu tersendiri/khusus untuk menulis yang merupakan waktu ternyaman untuk berkarya. Meskipun kita sangat sulit untuk mendisiplinkan waktu menulis ini, tapi dengan meliburkan waktu-waktu tertentu  untuk mengerjakan hal lain (selain menulis) bisa menghilangkan kebosanan.
  5. Tulis. Menulis sesuai dengan outline yang ada. Pada saat menulis jangan terlalu mengharapkan buku bisa diterbitkan di penerbit mayor supaya tidak kecewa jika hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Menikmati alurnya itu lebih baik. 
    Keberuntungan Bu Nora dalam menerbitkan buku Digital Mindset adalah karena bisa berkolaborasi dengan Prof Eko yang notabene adalah penulis terkenal dan juga karena tema yang diambil adalah sesuai dengan trens sekarang. Semoga Saya juga bisa mengikuti jejak Bu Nora. 

Tips Membukukan Hasil Resume

   Pemilik instagram noralia_needtha dan mempunyai email noraliapurwa@gmail.com membagikan tipsnya membukukan hasil resume di blognya yaitu: https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/06/tips-membukukan-hasil-resume-pelatihan.html. Resume yang merupakan ringkasan atau intisari dari suatu pemaparan materi yang dituliskan dengan kalimat yang lebih singkat, padat dan jelas dapat dilakukan dengan cara:
  1. Mendengarkan kembali paparan materi yang diberikan nara sumber
  2. Menuliskan poin-poin penting yang disampaikan nara sumber
  3. Menuliskan kembali materi yang disampaikan sesuai dengan poin-poin penting yang ada ke dalam kalimat atau bahasa kita sendiri
  4. Jika terpaksa mencopy paste apa yang disampaikan nara sumber, ada baiknya jika dituliskan nama narasumber yang menyampaikan untuk mencegah plagiarisme
  5. Berikan intro atau kalimat pendahuluan sesuai dengan tema materi yang dibuat resume
  6. Jika perlu, tambahkan pula referensilain ke dalam resume yang dibuat sehingga resume lebih kaya dan lengkap.
  7. Berikan kalimat penutup pada resume tersebut
  8. Sertakan daftar pustaka jika ada referensi lain yang ditambahkan
  9. Tulis resume dengan menggunakan EYD yang baik dan benar

Nara Sumber Menjawab

      Setelah pemaparan materi, maka berikutnya adalah tanya jawab. Adapun jawaban Bu Nora dari pertanyaan yang diberikan peserta adalah sebagai berikut:

  1. Tips dan trik menghasilkan tulisan/buku yang bagus dan menarik minat baca orang adalah dengan banyak membaca.
  2. Buku Digital Mindset adalah buku yang berisi tentang pola pikir digital yang dapat dikembangkan diberbagai aspek kehidupan, dijelaskan juga tentang pembelajaran digital, apa saja yang harus disiapkan untuk melakukan pembejaran digital serta dilengkapi pula dengan contoh RPP untuk pembelajaran digital. Outline buku Digital Mindset
  3. Judul karya ilmiah yang pernah diikutkan lomba yaitu: Biskuit "Pena (Petai Cina) untuk meningkatkan Gizi anak penderita cacingan, Mendulang berkah dari sampah, da Bisnis "Brownies Binang" sebagai upaya diversifikasi pangan.

      Banyak orang yang menulis yang kesulitan dalam memanajemen waktu ataupun mendisiplinkan diri dalam menulis. Mencari waktu yang membuat kita nyaman dan melakukan kegiatan yang bervariasi bisa menghilangkan kejenuhan dan kebosanan dalam menulis.

Menulislah, karena dengan menulis dan berkarya adalah caramu untuk hidup 1000 tahun bahkan beribu-ribu tahun lagi (Noralia Purwa Yunita)


#Resume Ke-7

Hari/Tanggal     :  Senin/17 Agustus 2020

Nara Sumber    :  Noralia Purwa Yunita, M.Pd.

Moderator        :  Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis