Jumat, 20 Januari 2023

Blog Menarik, Belajar Asyik

 

Resume Kelima
Kelas Menulis Gelombang Ke-28
Rabu, 18 Januari 2023


Tema: Blog Sebagai Media Pembelajaran
Narasumber : Dail Ma'ruf, M.Pd
Moderator: Purbaniasita KS, S.Pd

Dail Ma’ruf, M.Pd, Narasumber yang luar biasa ini, satu setangah tahun lalu belum punya blog ketika mengikuti kelas belajar menulis gelombang ke-20, namun bermodal semangat yang tinggi dan keinginan yang kuat untuk belajar, beliau langsung menjapri Omjay pendiri KBMN untuk minta arahan bagaimana membuat blog. Pesan Ketua Yayasan Semesta Alam Madani- Kota Serang ini, kita tidak boleh minder apalagi putus asa, dengan tekad dan niat belajar, dibarengi ketahanbantingan maka akan ada hasil bisa punya buku sebagai mahkota bagi penulisnya. Ingat pepatah yang mengatakan MAN JADDA WAJADA atau THERE ARE A WANT THERE ARE A WAY. Guru di sekolah SD Islam al Azhar 10 Serang Banten ini sekarang sudah aktif dalam menulis blog dan bahkan telah mengembangkan blog menjadi media pembelajaran, Mari kita simak materi dari beliau tentang blog sebagai media pembelajaran.

Apakah blog itu?

Blog sama dengan media sosial lainnya seperti FB, IG, Email , Tiktok, dan YouTube yang bisa kita gunakan untuk hal positif dan manfaat, terutama untuk guru, bisa dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif.

Kata “blog” berasal dari weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jhon Barger. Barger memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat probadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya pada komunitas global.

Lima Bloger paling terkenal di Indonesia adalah Herman Yudiono, Raditya Dika, Sugeng Riyadi, Carolina Ratri dan Dani Rachmat. Mengapa mereka bisa terkenal, ternyata Herman Yudiono mempunyai gaji 21 juta per bulan dan benefit lainnya karena blognya, dia uga fulltime blogger, Adapun kisah inspiratifnya dapat dibaca di blognya: hermanyudiono.com. Adapun Raditya Dika terkenal karena buku pertamanya, Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh di tahun 2005 dan pernah meraih penghargaan Indonesia Blog Award The Onlline Inspiring Award di tahun 2009. Sugeng riyadi merupakan blogger yang sangat terkenal karena merupakan seorang desainer template di platform blogger yang terus berbagi pengalaman dan menghasilkan uang dengan bloggernya. Begitu juga dengan Carolina Ratri dan Dani Rachmat yang merupakan blogger yang juga selalu berbagi pengalaman dalam menulis. Semoga kita nantinya juga bisa menjadi blogger yang terkenal juga. Omjay dan Pak Desi Dwitagama juga blogger terkenal meskipun belum termasuk dalam lima blogger tersebut, dan yang sudah pasti adalah beliau telah menghasilkan blogger-blogger pemula yang luar biasa dan diantaranya insyaAllah akan menjadi blogger yang terkenal juga. Blogger-blogger terkenal tersebut membuat kita paham bahwa blogger bisa membuat seseorang bisa kaya.

Melalui Blogger, Seorang Dail Ma’ruf sudah menjadi kurator dari sepuluh buku di tahun 2022 yaitu: Surat Cinta Guru untuk Presiden Jokowi, Inspirasi Menulis dan Menerbitkan Buku, Mendampingi Murid meraih presetasi, buku Guru Hebat Jilid 1,2,3 dan 4 (4 buku), Derap langkahku di Asraa YAPI jilid 1 dan 2 (2 buku), Dunia Pondok pesantren, Gairah Menulis Puisi Nusantra, The Powe Writing, Puisi Bebas Nusantara dan Keajaiban Menulis setiap Hari. Buku-buku tersebut merupakan bukti bahwa dengan menjadi Bloger maka impian untuk mempunya banyak buku bisa jadi Nyata.

Jenis-jenis Blog

Blog Pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru. Blog Sastra, lebih dikenal sebagai litblog (literay blog), berisi masalah yang berkaitan dengan dunia sastra. Blog Pribadi, disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gaagasan, dan perbincangan teman. Blog bertopik misalnya khusus kuliner, atau Wisata. Blog Kesehatan saja misal yang di buat ahli Medis, Hallo dok, dan lain-lain. Blog politik , ini banyak jelang 2024 dan tujuannya ya mengiklankan dirinya atau jagoannya ke Publik supaya dapat dukungan atau suara. Blog Perjalanan, misal pas kemaren bu sita ke jakarta bareng bu Widya ke Kopdar, maka buat blog perjalanan, nanti kl ada Kopdar Jogja 2023, buat lagi, jalan kemana saja di tayang di blog. Blog Riset, biasanya dimiliki pihak kampus atau lembaga penelitian lainnya, PaK Dail pernah kerja di LP3ES slipi, dan menyatakan bahwa Riset dan Bukunya Keren juga mantap, Majalah Prisma Namanya. Blog Hukum di buat para ahli hukum, Pengacara jaksa dan Hakim atau Polisi ditujukan untuk sosialisasi aturan hukum atau advokasi. Blog Media artinya Blog berita. Memberitakan apa saja yang diliput wartawannya. Blog Agama : berisi masalah agama dan solusi dari penulis atau tokoh agama, bsa juga buka rubrik tanya jawab. Blog Bisnis, apapun bisnis kita maka diupload di Blog detilnya, lalu link di kirim ke orang yang kita harapkan akan berminat . Bisa juga ke grup yang potensial banyak anggotanya.

Manfaat Blog

Blog dapat dimanfaatkan sebagai rumah belajar, dapat meringankan tugas dan beban guru, dapat meningkatkan minat belajar para siswa, dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia, dapat menjadi media silaturahim dan masih banyak lagi yang lainnya. Manfaat blog dan pemanfataanya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Pemanfaatan blog oleh Mayor Nani

Kita juga bisa belajar dari mayor Nani untuk materi yang sama : mayor Nani yang sangat menginspirasi. bila bapak ibu ingin baca materi beliau ini tautannya https://nani2teacher1navy.wordpress.com/2021/09/18/blog-sebagai-sarana-pembelajaran-2

Bukunya juga keren karena kisah nyata Bu mayor dari sejak sekolah masa kecil hingga berhasil jadi Mayor dan sukses insya Allah.

Pemanfaatan blog oleh Dr. Wijaya Kusumah (Om Jay)

Pemanfaatan blog untuk pembelajaran



Contoh blog sebagai media pembelajaran dapat dilihat pada link berikut:

https://dailalser.blogspot.com/2021/09/perkembangbikan-generatif-pada-tumbuhan.html

https://dailalser.blogspot.com/2021/09/mari-belajar-soal-up-ppg-b-ind0-ipa-ips.html

 https://dailalser.blogspot.com/2021/09/blog-sebgai-sarana-pembelajaran.html

Pemanfaatan blog untuk membuat buku oleh Dail Ma'ruf

Tips dan Trik pak Dail dalam menulis

Pertama, kita niatkan menulis itu sebagai ibadah, semoga tulisan yang dibuat manfaat bagi pembaca.

Kedua, ikhlaskan, mau ada yang baca dan komen banyak atau sedikit--- jangan berhenti

Ketiga, yakinlah bahwa dengan menulis setiap hari, maka tiap tahun akan bisa terbitkan 1 buku karena dari 1 januari 2023 ke Des 2023 akan ada 365 halaman minimal,itu buku yang lumayan tebal, ini alasan om jay mengapa bikin mantra ajaib : menulislah setiap hari , lihat apa yang terjadi.

Keempat, buang jauh-jauh rasa tidak percaya diri dalam menulis, kadang menurut kita sepele bisa berharga menurut orag lain seperti kara bu Kanjeng bawha setiap tulisan akan menemukan pembacanya dan akan menemukan takdirnya.

Kelima, menulislah di blog supaya kalau laptop rusak maka tulisannya tidak hilang dan aman karena penyimpanannya ada di awan (cloud).

Keenam, rajin kunjungi blog orang lain dan beri komentar

Ketujuh, jika ingin membuat blog menarik dan banyak diminati murid maka buat konten yang mereka butuhkan.

Kedelapan, jika ingin menjadi blogger yang terkenal maka kepoin Bloger yang sudah hasilkan banyak uang, cari tutorial tips hasilkan uang dari blog, kemudian amati tiru dan modifikasi, buatlah dengan sehebat dan semenarik mungkin dan upayakan teman membuat testimoni tentang yang kita promosikan.

Kesembilan, kita harus yakin bahwa menulis di blog itu asyik dan tak akan hilang' dan teruslah menulias tentang apa saja, kemudian percaya bahwa menulis itu mudah lalu-tulis apa yang dilihat, didengar dan dirasakan.

Setiap guru dapat memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran yang bermanfaat agar menjadi rumah belajar dan sarana berbagi ilmu antar guru.
(Dail Ma'ruf)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis