Rabu, 11 Januari 2023

Menulislah dengan Hati, maka akan Bertemu dengan Hati

 

Resume Ke-1

Gelombang      : 28

Tanggal            :  09 Januari 2023

Tema                :  Menulis Setiap Hari

Narasumber     : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd

Setiap orang punya gaya selingkungnya sendiri dalam menulis, itulah yang disampaikan oleh narasumber malam ini. Narasumber merupakan seorang teacher, trainer, writer, motivator, blogger, fotografer, father dan juga pembicara seminar, simposium, workshop PTK dan TIK, edupreneurship, pendidikan karakter bangsa, konsultan manajemen pendidikan, serta praktisi ICT. Beliau adalah seorang penggagas dari kelas menulis PGRI yang sudah memotivasi ribuan guru di Indonesia untuk terus menulis dan menulis, dengan motto yang terus beliau gaungkan yaitu "Menulislah setiap Hari, dan Buktikan Apa yang Terjadi". Motto beliau tersebut merupakan mantra sakti yang dapat membangunkan dan memotivasi banyak orang yang akhirnya mampu menginspirasi guru-guru untuk menghasilkan karya luar biasa.

Dr. Wijaya Kusumah yang lebih senang dipanggil Om Jay lahir di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1972. Beliau menyelesaikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (1990 - 1994), kemudian menyelesaikan S2 pada program Studi Teknologi Pendidikan (TP) di Pascasarjana UNJ (2007-2009) dan berhasil menyelesaikan S3 Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ pada tahun 2022 dengan judul desertasi "Pengelolaan Blog Kolaboratif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa".
Banyak sekali prestasi yang sudah beliau raih,  juga cerita dan berita yang beliau tulis mengenai belajar dan berbagi ilmu PTK, pemanfataan TIK dan Edupreneurship serta buku yang telah diterbitkan. Kita bisa mengenal lebih jauh tentang beliau di https://wijayalabs.com/about/

Omjay mengatakan bahwa untuk bisa menyusun rangkaian kata yang penuh makna adalah dengan banyak membaca tulisan orang lain, lalu buat tulisan dengan versi kita. Jadi rahasia bisa menulis setiap hari adalah dengan membaca tulisan orang lain, karena apabila kita rabun membaca, maka kita akan lumpuh menulis. Menurut beliau kebanyakan dari kita tidak bisa menulis karena malas membaca tulisan orang lain, atau merasa tulisannya yang paling hebat, padahal di atas langit ada langit, untuk itu kita harus melepaskan baju kesombongan kita. Ada juga orang yang malas menulis karena tidak percaya diri dengan apa yang ditulis, termasuk saya namun Omjay memberikan motivasi bahwa itu memang memerlukan proses dan waktu karena Omjay sendiri berproses sejak tahun 2007 dengan mulai membuat blog sendiri di blogger.com dan mulai tahun 2008 beliau memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran dimana tulisan siswa di blog menjadi buku "Yuk Kita Ngeblog" dan mendapat juara pertama lomba buku pengayaan Depdikbud dengan hadiah 20 juta rupiah. Blog pertama beliau adalah https://wijayalabs.blogspot.com dan blog kedua adalah https://wijayalabs.wordpress.com dan sekarang blog beliau adalah https://wijayalabs.com.

Tulisan beliau di blog terjalin menjadi buku-buku yang luar biasa, buku juga yang bisa membawa beliau mendapat undangan dari Presiden Jokowi ke Istana Negara. Pada saat itulah beliau memperjuangkan pelajaran TIK yang sempat dihapus dalam kurikulum yang akhinya dikembalikan kembali dengan nama baru yaitu Informatika. Beliau menyampaikan bahwa perjuangan dengan  tulisan itu sungguh dahsyat karena dapat menembus tembok istana negara dan juga mampu mengembalikan mata pelajaran TIK ke dalam kurikulum.
Omjay menyatakan bahwa menulis setiap hari akan berbuah prestasi ketika kita menulis dengan hati,  Menulis dengan hati, maka akan bertemu dengan hati. Kata-kata ini senada dengan blog saya Mari Menulis dengan hati.

Omjay yang selalu memotivasi menyampaikan bahwa menulis setiap hari bukanlah ilmu yang susah untuk dipraktekkan, jika seseorang punya blogh maka menulis setiap hari akan terasa indah. Tulisan-tulisan di blog kita bisa menjelama menjadi buku bahkan dapat menghasilkan pundi-pundi uang (penghasilan tambahan) seperti yang didapatkan Omjay dalam tulisan-tulisannya di https://kompasiana.com/wijayalabs  yang mendapatkan bonus gopay dari kompasiana. Menulis adalah hobi yang dibayar. Pesan beliau, "menulis setiap hari itu harus ikhlas, hanya memberi tak harap kembali, bagi ilmu setiap hari dan bagi pengalaman kepada semua orang". Selain itu beliau juga berpesan "hidup seperti  orang berjalan di trotoar, harus hati-hati melangkah, begitu juga menulis setiap hari, berpikir sebelum memposting itu adalah sangat penting". Semua orang bisa menulis, hanya butuh sedikit motivasi agar bisa menulis setiap hari. Semua orang sibuk, namun menulis dalam kesibukan itu asyik, kuncinya adalah pada pengelolaan waktu dan memaksakan dii untuk menggerakkan 2 jempol dan mulailah menulis dari apa yang disukai dan kuasai. Kita juga bisa memulai dari hal-hal yang kecil bahkan tidak penting sekalipun. Kita tidak perlu mengkhawatirkan siapa yang akan membaca postingan kita, karena jika kita menulis dengan hati, maka kita akan bertemu dengan hati pembaca yang setia.

Beberapa tips menulis setiap hari dari Omjay dari segi konten:

  1. Menulislah setiap hari bagaimanapun keadaan kita, menjaga konsistensi
  2. Menulislah dari hati, pembaca akan merasakan ikatan emosional dari tulisan seseorang.
  3. Tidak perlu memikirkan keuntungan materi apa yang akan didapat.
  4. Menulislah dari yang bisa, tidak perlu mengarang hal-hal di luar jangkauan.
  5. Sesuatu yang tidak berarti bagi kita mungkin sangat berarti bagi orang lain.
  6. Banyak membaca baik dari buku atau artikel untuk memperkaya wawasan.
  7. Banyak berkunjung dan memberi komentar blog-blog penulis baik terkenal maupun pemula

💗💗"Menulislah setiap Hari, dan Buktikan Apa yang Terjadi (Dr. Wijaya Kusumah)"💗💗







9 komentar:

  1. Tulisan yang luar biasa, membuat saya semakin semangat untuk terus belajar menulis

    BalasHapus
  2. Masya Allah judulnya romantis, resumenya menarik. Selalu semangat

    BalasHapus
  3. Hatiku.. hatimu... kan menjadi satu...

    BalasHapus
  4. sebuah tulisan yang sangat enak dibaca, ayo terus menerus menulis setiap hari.

    BalasHapus
  5. Siti Anisa Nurlimawaty13 Januari 2023 pukul 18.55

    Tulisannya enak dibaca. Salam kenal dari saya.

    BalasHapus
  6. blog berbayar yabg bagus luar biasa
    resume yang lengkap dan baik

    terima kasih sudah buat tugas KBMN 28
    semangat.

    BalasHapus

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis