Senin, 23 Januari 2023

Tantangan menulis, taklukan mimpi

 

Resume Keenam
Kelas Menulis Gelombang Ke-28
Jum'at, 20 Januari 2023


Tema: Menulis Buku Mayor dalam Dua Minggu
Narasumber : Prof. Richardus Eko Indrajit
Moderator    :Aam Nurhasanah, S.Pd

Menulis itu mudah jika ada kemauan, itulah kata-kata yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc.,MBA.,Mphil.,MA. Kata-kata itu sungguh memberikan motivasi dan harapan tersendiri untuk terus menulis dan bisa menerbitkan buku. Nama beliau telah sering disebutkan oleh banyak penulis karena telah memberikan motivasi dan tantangan dalam menulis yang akhirnya bisa menerbitkan buku pada penerbit mayor. Pada tantangan menulis ini bukan hanya keterampilan menulis yang diperlukan, namun lebih dari itu, tantangan menulis ini sebenarnya adalah tantangan menaklukan diri dari rasa malas, tidak percaya diri, tidak fokus dan tidak bisa membagi waktu dalam menulis dan membaca. Saya percaya bahwa orang yang bisa berhasil dalam tantangan menulis tersebut adalah orang yang hebat dan luar biasa, apakah saya akan termasuk menjadi salah satunya? Biarkan saya bermimpi terlebih dahulu.
Profesor yang hebat ini lahir di Jakarta pada tanggal 24 januari 1969. Beliau adalah pakar teknologi yang berbakat, juga seorang akademisi dan penulis ratusan buku dan jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan baik tingkat nasional maupun internasional. Rektor Universitas Pradita ini mulai menulis semenjak kuliah di ITS tahun 1988. Sejak kecil beliau sangat senang membaca. Buku favoritnya adalah karya-karya Karl May, RA Kosasih, Album Cerita Ternama, Cerita Lima Benua, Alfred Hitchcock serta majalah anak-anak seperti Bobo, Kuncung, kawanku, dan lain-lain. Kemudian ketika SMP dan SMA sekolah Beliau mewajibkan membaca karya sastra Indonesia seperti Layar terkembang, Siti Nurbaya, Anak Perawan di Sarang Ppenyamun serta membuat sinopsisnya membuat kemampuan menulisnya semakin meningkat, bahkan ketika SMA, dalam waktu tiga tahun beliau memegang rekor pembuat 113 sinopsis dari karya-karya sastra Indonesia. Berbekal dari belajar sastra seperti membuat puisi, pantun, dan gurindam beliau akhirnya juga mampu merayu seorang artis cantik menjadi istri yaitu Lisa A. Riyanto (Elisabeth Dhany Retno Putri) yang dari perkawinan ini beliau telah mendapatkan tiga orang anak..

Pada tahun 1998 saat beliau baru kembali dari studi S2 di Amerika, atas permintaan mahasiswa S2 Binus yang kesulitan membeli buku-buku luar negeri, beliau menulis buku yang berisi bunga rampai 50 ringkasan tulisan yang sangat disenangi orang sehingga beberapa kali dicetak oleh Elex Media Komputindo, bukunya berjudul "Pengantar Konsep Dasar Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi". Beliau senang menulis karena ingin membagi ide, pemikiran, gagasan, dan cerita kepada orang lain yang akhirnya membuat menjadi ketagihan menulis. Semakin banyak membaca buku, menonton televisi (sebelum ada internet) membuat keinginan menulis semakin tinggi. Motivasi dalam menulis semakin besar ketika banyaknya pesan singkat masuk ke nomor handphone berisi ucapan terimakasih atas buku yang beliau buat, hal ini juga membesarkan hati dan beliau merasa bahwa hidup berguna untuk orang lain.

Bakat menulis diturunkan oleh ayah beliau, bersama ayahnya beliau menulis kurang lebih 10 buah buku. Meskipun ayah beliau sudah berusia 79 tahun namun tetap rajin menulis dengan alasan agar tidak pikun dan mencari kesibukan serta bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sehingga sudah menulis kurang lebih 20 buah buku dan telah diterbitkan.

Prof Eko aktif membantu pemerintah, dimulai dari penunjukan beliau sebagai widyaiswara Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), juga Staf Khusus bidang Teknologi informasi Sekretaris Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Staf Khusus Bidang TI Badan Narkotika Nasional dan masih banyak lagi. Meskipun memiliki banyak kegiatan beliau selalu menyempatkan menulis satu halaman sebelum tidur, menulis apa saja yang ada dalam pikiran karena kalau sehari menulis satu halaman maka dalam waktu tiga bulan akan menghasilkan seratus halaman yang bisa diterbitkan dalam bentuk bunga rampai pikiran sebelum tidur.

Pada awal pandemi covid-19 di tahun 2020 dimana guru dan siswa harus belajar dari rumah, Prof Eko memutuskan menjadi youtuber. Pemilik Ekoji Channel dengan 25,5 ribu subscriber ini selalu memberikan informasi-informasi yang terupdate khususnya mengenai Pendidikan. Adapun judul-judul youtube beliau antara lain gamification, flipped classroom, collaborative learning, metaverse, IOT, big data, dan lain sebagainya. Judul-judul tersebut memang terasa aneh namun menimbulkan rasa penasaran untuk menontonnya. Ekoji Channel tersebut dijadikan referensi dalam menulis buku berkenaan dengan bidang Pendidikan sehingga beberapa orang guru telah berhasil menulis buku bersama beliau dan diterbitkan oleh penerbit mayor, hal ini juga ttidak terlepas dari arahan dan motivasi yang beliau berikan. Saat ini sudah lebih dari 60 buku guru-guru hebat yang berhasil diterbitkan oleh penerbit Andi (penerbit mayor), bahkan satu buku terpilih menjadi buku ternaik nasional versi Perpusnas (Perpustakaan Nasional) untuk kategori Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selanjutnya dibuka lagi tantangan menulis untuk memberi kesempatan kepada guru-guru hebat agar bisa menulis buku dengan tema yang akan ditentukan.

Tips dan Trik Menulis dari Prof. Eko

  1. Menulis dapat dimulai dengan memakai bahasa obrolan, dan biarkan terus mengalir setelah jadi baru diedit, lama-lama akan menjadi kebiasaan dan ketagihan;
  2. Menulis dari hal-hal yang sederhana terlebih dahulu, seperti menulis di blog;
  3. Kalau kehabisan ide maka carilah referensi dan literatur seperti buku, channel youtube ataupun dari mesin pencari (search engine);
  4. Jika ingin menulis buku yang bisa diterbitkan oleh penerbit mayor maka kita harus mengikuti kebutuhan pasar, sehingga kita menulis bukan untuk diri sendiri tetapi untuk orang lain. Kemudian cari judul yang anti mainstream bukan yang biasa-biasa saja;
  5. Tulisan berkualitas adalah tulisan yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar;
  6. Cara mencari judul dan tema yang menarik bagi penerbit mayor, bisa dilihat di channel https://www.youtube.com/watch?v=17v72RUhZIY.

"If you can dream it, you can do it", 
"Jika Kamu bisa memimpikannya maka kamu bisa melakukannya"
(Prof Ekoji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis