Minggu, 15 Januari 2023

Mulai bermimpi, Raih Prestasi

Resume ketiga
Kelas Menulis Gelombang Ke-28
Jum'at, 13 Januari 2023
Tema: Gali Potensi Raih Prestasi
Narasumber: Aam Nurhasanah, S.Pd


“Untuk mencapai hal-hal besar, kita tidak hanya harus bertindak, tetapi juga bermimpi; tidak hanya rencana, tapi juga percaya.”-Anatole Prancis

Mimpi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur, juga berarti sebagai angan-angan. Harriet Tubman bahkan menyatakan bahwa “setiap mimpi besar dimulai dengan seorang pemimpi, ingatlah selalu, kamu memiliki di dalam dirimu kekuatan, kesabaran, dan hasrat untuk meraih bintang-bintang untuk mengubah dunia”.
Dimulai dengan mimpinya untuk menjadi penulis yang bisa dikenal semua orang, seorang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Satu Atap 4 Cipanas Desa Pasirhaur, Kecamatan Lebak, Provinsi Banten bisa mengembangkan dirinya dan menemukan potensinya menjadi seorang penulis handal. Hanya dalam waktu kurang lebih 2 tahun, Bu Aam Nurhasanah, S.Pd sudah mampu menerbitkan 4 buah buku dan puluhan buku antologi.

Narasumber yang luar biasa ini bahkan mampu memenuhi tantangan dari Prof Richardus Eko Indrajit atau Prof Ekoji untuk menulis buku dalam 1 minggu, bahkan buku tersebut berhasil diterbitkan oleh penerbit mayor yaitu Penerbit Andi, sehingga bukunya yang berjudul “Parenting 4.0: Mengenal Pribadi dan Potensi Anak Generasi Milenial Multiple Intelligence” sekarang sudah terpajang indah di seluruh toko Gramedia yang tentu saja dipastikan bukunya sudah tersebar di seluruh Indonesia. Mimpinya agar suatu saat bukunya terpajang di rak Gramedia bisa terwujud. Bentuk e-books bisa didapatkan di  https://play.google.com/store/books/details/AAM_NURHASANAH_S_Pd_Parenting_4_0?id=5kkzEAAAQBAJ

Guru kelahiran Cipanas, 12 Agustus 1988 ini dengan keuletan dan komitmennya menulis setiap hari pernah meraih juara 1 Lomba blog PGRI dan juara 10 besa HUT AISEI kategori artikel Favorit. Tujuan kita bergabung dalam komunitas menulis bisa bermacam-macam, namun pada intinya kita semua ingin belajar, menimba ilmu dan akhirnya bisa menulis buku.

Menurut Mpok Aam bahwa untuk bisa menggali potensi dan mengukir prestasi bisa dimulai dari apa yang kita sukai karena semua orang diberikan kesempatan yang sama untuk menggali segala potensi yang dimiliki untuk meraih prestasi. Selain itu kita juga bisa menulis tentang yang kita alami dan kuasai. Kita bisa menulis puisi, pantun, cerpen, novel atau kisah inspiratif yang bisa menginspirasi negeri.

Sebagai penulis pemula, kita memang banyak sekali mengalami kendala untuk memulai menulis karena takut tulisan jelek, takut di bully, tidak percaya diri, takut tulisan tidak sempurna, dan keraguan dalam mempublikasikan tulisan sehingga tulisan hanya disimpan di dalam draf dan idenya dibiarkan menguap begitu saja. Hal ini juga dirasakan Mpok Aam saat pertama kali bergabung di kelas menulis, dan juga pernah mengalami kegagalan, namun dengan keuletan dan memupuk Kembali semangat dalam diri beliau behasil lulus dan menghasilkan buku solo.

Buku merupakan mahkota seorang penulis. Dimulai dari mimpi, buku pertamanya terbit dan telah tersebar di seluruh Indonesia karena banyak peserta kelas menulis yang memesan bukunya untuk dijadikan panduan membuat buku resume. Buku solo pertamanya berjudul “Mengukit Mimpi jadi Penulis Hebat” terbit bulan Agustus 2020.

Bu Aam dengan mottonya ingin menulis seribu buku, selalu berbagi dan menginspirasi negeri memulai karirnya sebagai blogger penulis pemula, kemudian melangkah menjadi moderator, narasumber, kurator, dan editor. Beliau sudah menginspirasi ribuan guru di seluruh Indonesia, bahkan beliau juga banyak membantu alumni dari kelas belajar menulis nusantara untuk melahirkan buku pertamanya. Pengalamannya menjadi moderator melahirkan bukunya dengan judul “Kunci Sukses menjadi Moderator Online”. Pengalamannya membantu dan mengispirasi guru lain dalam menerbitkan buku melahirkan bukunya yang berjudul “Rajin Menulis Berbuah Manis”.

Beberapa tips mewujudkan mimpi dalam menulis, untuk menggapai prestasi ala Mpok Aam yaitu:
  1. Cara cepat menulis buku adalah dengan mengikuti nubar (nulis bareng) buku Antologi
  2. Mau belajar dan menguatkan niat dan motivasi diri untuk menulis banyak buku
  3. Memilih tokoh panutan yang selalu menginspirasi dan memompa semangat kita
  4. Jika mendapat hinaan atau ejekan, disenyumi saja, tetap semangat dan berprestasi
  5. Rajin membaca akan membuat semakin mudah menulis
  6. Rajin membaca tulisan orang lain dengan cara BW (blog walking)
  7. Membuat puisi yang baik dapat dilakukan dengan rajin membaca karya puisi orang lain dn karya Angkatan 45 dan pujangga baru.
  8. Menulis sebaiknya menggunakan outline supaya tidak ke luar jalur
  9. Pengalaman berharga bisa jadi sumber tulisan
  10. Luangkan waktu untuk menulis, jangan menunggu waktu luang untuk menulis
  11. Cara memunculkan ide adalah dengan memperhatikan apa yang kita lihat, kita dengan dan kita sukai.
  12. Menulis itu berproses, jika sudah terbiasa maka perbendaharaan kata akan tambah banyak dan tulisan akan semakin bagus.
  13. Membuat skala prioritas akan membuat kita mudah dalam menulis
  14. Hambatan terbesar dalam menulis adalah diri kita sendiri, jika mood kita naik turun maka tinggalkan sejenak dengan refresing
  15. Membuat judul tulisan dengan 4 kata, bisa memiliki rima sehingga enak dibaca
  16. Membuat blog yang menarik bisa dimulai dari tema atau template yang menarik
Guru mulia karena karya, jadikan menulis sebagai passion, rajin menulis hingga karyamu berbuah manis.

“Bermimpi dahulu, bangun, dan kejar mimpimu. Jika gagal, terus mencoba sampai engkau bisa meraihnya”.- Aam Nurhasanah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis