Minggu, 23 Agustus 2020

Guru Enterpreneur Sejati

     Malam ini (12 Agustus 2020) kembali bertemu dengan seorang nara sumber yang hebat, entrepreneur sejati yaitu Ibu Dra. Betti Risnalenni, M.M. di grup Belajar Menulis Gelombang 15 yang difasilitasi oleh Om jay dan dipandu oleh Bu Kanjeng. 

     Jiwa enterpreneur sudah dimilikinya sejak kecil, beliau membantu ibunya yang suka membuat kue dengan memasukkan atau menawarkan ke toko-toko untuk dititipkan. Namun beliau tidak mau disebut tukang dagang. Selain di tokot-toko beliau juga menitipkannya di koperasi sekolahnya, namun untuk jaga image beliau datang pagi-pagi supaya tidak ada yang tahu bahwa kue tersebut adalah kue yang dititipkannya. Berlanjut sampai kuliah membantu catering dari ibunya.

     Setelah selesai kuliah, beliau mulai mengajar di sekolah punya orang lain. Namun sejak tahun 1996 beliau mulai mengelola pusat kursus yang membangkitkan kembali jiwa enterpreneurnya. Pusat kursus yang dimilikinya adalah 24 pusat kursus di Bekasi. 

     Pada tahun 2003 beliau mulai merintis sekolah TK dan SD Insan kamil yang berada di Bantar Gebang Bekasi. Sekolah ini merupakan miliknya sendiri. Dengan bekerjasama dengan Metropolitan Mall maka sejak 1996 sampai dengan 2007 beliau mengadakan lomba di Mall yang membuat kegiatan itu lebih entertain yang membuat anak-anak dan orang tuanya senang sehingga untuk piala dan makan sudah masuk dalam pendaftaran. Beliau juga mendapatkan keuntungan dari kerjasama dengan makanan siap saji.

     Awal mula membuat TK adalah adanya keinginan salah satu cabang pusat kursus yang beliau kelola, namun saat itu belum ada keberanian walaupun sudah memiliki yayasan. Akhirnya dengan bekerjasama dengan salah satu pengelola kurus maka dikontraklah sebuah rumah untuk membuat TK dimana beliau yang membuat buku materi untuk TK tersebut. Namun teman beliau hanya bertahan 3 bulan karena mengelola sekolah itu tidak mudah dan banyak ruginya katanya. Kalau mencari keuntungan memang jangan dari membuat sekolah. Beliau meneruskan pengelolaan TK dan SD dengan  menjual buku di pusat kursus untuk membiayai operasional sekolah. Beliau menulis buku tentang Aritmatika buku A, B,C, 1,2 s.d 27. Pengelolaan sekolah ini yang dijadikan best practice dalam lomba kepala sekolah berprestasi dan menjadi juara 1 di kota Bekasi dan urutan harapan di provinsi Jawa Barat. 

     Sekarang sekolah yang beliau kelola sudah berjalan dengan baik dan beliau kembali tertarik dengan kuliner. Beliau ikut pelatihan sehingga beliau memiliki sertifikat sertifikasi wirausaha. Beliau juga mulai mematenkan merk lewat Haki dan mulai meng"halal"kan produk dan meng"pirt"kan produk dan menjadi UMKM binaan Dinas Koperasi Bekasi. Beliau benar-benar hebat, selain sebagai guru, juga penulis dan juga enterpreuner.


Nara Sumber Menjawab

Berikut adalah jawaban-jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh peserta grup Belajar Menulis gelombang 15:

  1. Cara memulai hubungan bisnis dengan pihak lain adalah dengan dimulai, supaya orang mengenal kita dan diusahakan menjadi orang yang menonjol dalam hal yang baik diperkumpulan tersebut.
  2. Cara menegur guru yang mampu dalam kompetensi tetapi tidak produktif adalah dengan memberikan contoh dan menegur dengan bahasa yang sopan supaya tidak tersinggung
  3. Motivasi mendirikan sekolah adalah karena sedih tidak dapat menyekolahkan anak si sekolah yang bagus karena seorang guru gajinya kecil. Lalu bertekad membuat sekolah supaya siapa saja mau sekolah disitu bisa, yang kaya bayarnya normal sedangkan yang tidak mampu silahkan membayar semampunya sehingga jadilah sekolah KB-TK dan SD Insan Kamil
  4. Sewaktu membuka pusat kursus, mengajar juga di salah satu sekolah di Bekasi karena sekolah itu memakai buku yang dibuat. 
  5. Resep usahanya adalah menikmati segala yang terjadi, selalu berdo'a
  6. Kiat-kiat membangun komunikasi dengan relasi bisnis adalah dengan bisa membaca lawan bicara terlebih dahulu.
  7. Cara mengatasi hambatan adalah dengan menikmati saja
  8. Kriteria sekolah bagus adalah bagus fisik bangunan dan peralatannya, serta bagus materinya yang diberikan.
  9. Kiat menjadi guru enterpreuner yang sukses adalah berani mencoba dan pantang menyerah dan lakukan sesuatu yang baik.
Selagi kita bisa berkarya, berkiprah, lakukanlah. Kalau itu memang bagus, hati kecil kita tak mungkin mengingkarinya (Betti Risnalenni)


Resume Ke-5

Hari/Tanggal      :  Rabu/12 Agustus 2020

Nara Sumber    :  Dra. Betti Risnalenni, M.M.

Moderator        :  Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis