Senin, 10 Agustus 2020

Memelihara Mimpi, Menaklukan Rintangan bersama Bu Tere

 

Resume ke-3 (Gelombang Ke-15)

Hari/Tanggal    : Jum'at/07 Agustus 2020
Narasumber    : Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD
Moderator      :  Bambang Purwanto, S.Kom. Gr

    Menulis bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Perlu suatu proses yang panjang dan tidak mudah. Banyak rintangan dan kerikil tajam. Menulis bahkan bisa menjadi momok yang sangat menakutkan. Meskipun itu hanya menulis hal-hal yang sederhana. Menulis juga memerlukan kesungguhan dan tanggungjawab yang penuh serta semangat yang tinggi.
     Setiap orang mempunyai mimpi-mimpi yang ingin dicapainya, apakah itu hanya akan  menjadi mimpi belaka? Ataukah itu adalah suatu mimpi yang harus diwujudkan, maka orang itulah yang tahu. Segera bangun dari mimpi dan wujudkan, itulah yang penting. Mewujudkan mimpiku untuk bisa menulis bukanlah hal yang mudah, setiap ingin mulai menulis, banyak masalah-masalah yang harus segera diselesaikan, juga banyaknya kesibukan-kesibukan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Apakah. Memulai adalah kata yang teramat sulit dilakukan. Terus berusaha untuk mewujudkan mimpi itu dengan terus MEMELIHARA MIMPI adalah salah satu cara yang bisa kulakukan. Terus belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain juga cara lain yang bisa kulakukan.
       Belajar dari pengalaman seorang penulis Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD yang sudah bisa menerbitkan buku mayornya merupakan bagian dari memelihara mimpiku yang bisa kulakukan. Sebagai seorang guru yang penuh dengan prestasi yaitu Guru beprestasi tahun 2014, Finalis lomba Olimpiade Guru Nasional tahun 2018, Finalis lomba Mathematic Teaching Learning Model (MTLM) tahun 2019 dan Penulis resume terbaik dan  Blogger yang inspiratif di tahun 2020 dan masih banyak prestasi lainnya membuatnya menjadi orang yang tidak diragukan lagi kapabilitasnya. 
       Menerima suatu tantangan dalam menulis dari Prof. Richardus Eko Indrajit adalah suatu jalan yang harus ditempuhnya untuk mewujudkan mimpi dalam menerbitkan buku. Rasa penasaran dan motivasi yang tinggi baik dari diri sendiri dan lingkungan sekitar seperti suami, anak dan keluarga serta kemauan yang besar merupakan suatu modal yang bisa diandalkan. Ditengah kesibukannya yang sangat luar biasa dia mampu melewati itu semua. Membuat time schedule, mengumpulakn referensi, menjauhkan HP (kecuali benar-benar dibutuhkan), menulis dulu baru edit kemudian serta kerja sama dengan orang rumah merupakan tips yang bisa dilakukan oleh bu Tere untuk menyelesaikan menulis dengan waktu yang sangat singkat yaitu seminggu (wow keren).
     Adapun untuk bisa menyusun naskah, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah memilih tema/topik yang baik (bisa menggunakan google trend), membuat mind map terkait topik kemudian mengembangkan judul yang menarik menjadi outline naskah dengan mewakili 5 W + 1 H lalu mengembangkan naskah. 
       Komitmen yang tinggi, serta komunikasi yang baik dengan orang-orang yang terdekat dengan kita ternyata juga merupakan bentuk dukungan yang sangat besar dalam menulis. Tidak semua orang bisa melakukannya, salut untuk bu Tere.
       Bagi yang ingin menerbitkan buku mayornya juga harus bisa mengenali dulu seluk beluk (visi/misi) penerbit yang dituju, terlebih terkait syarat dan prosedur penerimaan naskahnya, seperti pengalaman dari bu Tere yang sudah menerbitkan buku mayornya lewat Penerbit Andi.

         Terakhir kata-kata yang sangat memotivasi adalah:
"SEMUA ORANG BISA BERMIMPI NAMUN HANYA SEGELINTIR ORANG YANG BERANI BERMIMPI BESAR. MIMPI LAKSANA SEBUAH KUNCI UNTUK MENAKLUKAN SEMUA RINTANGAN DI DUNIA. PELIHARALAH MIMPI ITU DAN SEGERA BANGUN UNTUK MEWUJUDKANNYA"

Terimakasih dan sukses selalu bu Tere. 
Bawalah daku untuk terus memelihara mimpi dan menaklukan rintangan dalam menulis bersamamu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis