Senin, 10 Agustus 2020

M A U melawan Bad Mood dalam menulis

 

Resume ke-2 (Gelombang Ke-15)
Hari/Tanggal    : Rabu/05 Agustus 2020
Narasumber    : Bambang Purwanto, S.Kom, Gr
Moderator      : Om Jay

      Mr Bams memulai debutnya sebagai  pendongeng dari tahun 2004, Mr Bams yang juga dikenal sebagai Ayah Syalwa membuka Taman Bacaan bersama keluarganya yaitu TBM Lebak Wangi pada tahun 2011. Untuk mendongeng Ayah Syalwa sebelumya mengumpulkan referensi-referensi untuk dibaca. Kebiasaan membaca tersebut adalah salah satu modal untuk menulis.
        Pada Program Gerakan Literasi Sekolah, Mr Bams awalnya bertugas sebagai penata program di sekolah sampai akhirnya menjadi ketua tim gerakan literasi. Mengelola program GLS ini membuat kebiasaan-kebiasaan menulisnya terus berkembang dan sampai akhirnya bergabung dengan kegiatan menulis yang diasuh oleh om Jay dan mulai menulis di blog dan terus membagikan pengalaman dan ilmunya tentang blog kebanyak orang.
       Banyak penghargaan-penghargaan yang didapatkan oleh Mr Bams diantaranya yaitu Juara I pengelola TBM tingkat kabupaten bandung (2014), Sekolah tempatnya megabdi sebagai Juara Literasi Kategori Utama, kemudian mendapatkan penghargaan Anugerah Widya Pratama Kategori Penggerak Literasi dari Dinas Pendidikan Kota Bandung (2019) dan Penerima Anugerah Guru Inspiratif dari Gubernur Jawa Barat (2019).
     Kalimat-kalimat bahagia terus mengalir di instagram dan web blog untuk terus membagikan kebahagiaan berupa kalimat kepadasemuanya. Perlu adanya keberanian dalam menulis dan terus menulis dan menulis dari apa yang kita lihat, kita dengar dan kita rasakan. Komitmen dan konsistensi adalah hal yang sangat perlu dijaga dan dipertahankan. 
        Memulai menulis dengan tulisan tangan yang dibukukan membuktikan bahwa kita semua sebenarnya bisa menulis. 

Rumusnya:
                                                                   MAU

M                   =            Motivasi
A                         =                      Aksi
U                                   =                            Unggul

MOTIVASI bisa berupa impian, harapan dan cita-cita yang merupakan kekuatan. Namun kekuatan itu harus dibarengi dengan AKSI supaya bisa terwujud, dan aksi yang dilakukan harus UNGGUL

        Kebiasaan-kebiasaan menulis di blog agar bisa terus dilakukan dan dikembangkan dengan tips dan  langkah-langkah dari Mr Bams yaitu mulailah dari yang sederhana, lakukan terus menerus, tulislah apa yang mudah dan mudahkanlah hati kita agar bisa menulis tulisan di blog, menulis dengan bertahap dan teruslah berlatih, menulislah tanpa beban, dan menulislah dengan riang gembira serta jangan pernah berhenti untuk membaca.
Kemudian tulisan di Blog itu memikat karena:
1. Tulisannya bermanfaat bagi pembaca
2..Tampilannya menarik, sehingga orang jadi penasaran untuk membaca

        Memang tidak mudah untuk konsisten dalam menulis di blog, kadang kita bad mood dalam menulis tatapi dengan Rumus MAU beserta komitmen dan disiplin kita akan bisa melawan Bad Mood dalam menulis.
Salam Literasi Mr. Bams. Sukses selalu. Terimakasih atas pengalaman hidupnya yang sangat menginspirasi.

" Mari Ayo Tenang dalam Urusan Hidup"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis