Minggu, 26 Februari 2023

Mulai Menulis Mencapai Prestasi

Pertemuan keduapuluh satu
Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI
Gelombang ke-28

Pemateri: Rita Wati, S.Kom
Moderator Helwiyah, S.Pd., M.M.

Tema: Melejitkan Prestasi dengan Menulis
Senin/20 Februari 2023

Semua orang ingin berpretasi. Berprestasi merupakan salah satu dari lima kebutuhan dasar manusia. Jika seseorag berprestasi berarti dia telah menorehkan tinta emas dalam kehidupan. Prestasi dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya). Prestasi bisa diraih jika seseorang berusaha untuk meraihnya atau dengan kata lain, jika kita berusaha, kita bisa berhasil. Prestasi juga bisa didapatkan melalui cara apa saja sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Menulis telah membantu Rita Wati, S.Kom, seorang guru di SMP Negeri 2 Mendoyo, meraih prestasi. Guru kelahiran tahun 1982 ini memiliki banyak prestasi yang dapat dilihat sebagai berikut.

Prestasi < 2010
Wisuda Terbaik Sarjana, Juara 1 English Speech Contest Tk Mahasiswa

Prestasi 2013
Finalis English Essay Competition for Teacher tahun 2013 Tingkat Provinsi Bali.

Prestasi 2020
Peringkat 8 Lomba Menulis di Blog Tingkat Nasional dalam rangka HUT RI yang ke-75 tahun 2020. (PGRI)

Prestasi 2021
Penghargaan Kemendikbudristek sebagai Peserta Terbaik Guru SMP Inspiratif Tahun 2021, Juara 1 Lomba Blog Tingkat Nasional dalam rangka Hari Sumpah Pemuda Tahuun 2021 (PGRI), Juara 2 Lomba Blog Untuk Guru & Dosen Tk.Nasional Tahun 2021 (PANDI dan SATU GURU), Peringkat 9 Lomba Menulis di Blog Tingkat Nasional bulan Februari 2021 ( PGRI), 12 Besar Lomba Pembuatan Video Pembelajaran Tk.Nasional (AISEI), Penghargaan Bupati Jembrana Peserta Terbaik HGN 2021

Prestasi 2022
Peserta beasiswa Microdential Digital Skill CS50 Harvard University, Juara 1 Mini Challenge Telkom Office Tour, Juara 1 Blog Competition IndiHome 2022 (Kategori Pendidikan), Juara 2 Blog Competition SATUGURU, Juara Favorit ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition, Juara Favorit 1 ASUS Expertbook B3 Flip, Participant and Speaker in ALCoB ICT Virtual Training 2022 (160 Teachers from Indonesia, Malaysia, Thailand, Philipphines) Host South Korea., Penghargaan PGRI Kab.Jembrana.

Buku-buku yang telah ditulis
25 Trik Jitu Menulis dan Menerbitkan Buku, Merajut Asa Sejak Belia, 25 Tutorial Pembelajaran Daring dan Luring, Tiara dan Buku duet bersama Prof.Richardus Eko Indrajit dengan judul Knowledge Management (Mengintegrasikan Digital Tools Dalam Rencana Pembelajaran) Penerbit Andi

Buku antologi yang ditulis
Bunga Rampai (Mengatasi Learningloss) Kemendikbudristek, Pena Digital Guru Milenial, Pesona Kearifan Lokal Nusantara. The Meaning Full True Stories (Kisah Inspirasi Penggugah Jiwa) Kurator, Senandung Guru Jilid 1 (Kurator), Senandung Guru Jilid 2 (Kurator), Kurikulum Ngumpet, Pesona Nusantara (Kurator), Sejuta Pesona Nusantara (Kurator), Membongkar Rahasia Menulis Ala Guru Blogger.

Cikgu Rita bisa dikenal lebih jauh dengan melihat link berikut https://www.cikgurita.com/2022/06/about-me.html?m=1

Ukuran dalam berprestasi itu relatif, namun menurut Ibu Rita, ukuran prestasinya adalah jika tulisannya dibaca oleh Om Jay dan dikomentari, juga dapat hadiah buku. Kini Ia menganggap prestasi adalah juara. Cara terbaik baginya untuk menjaga semangat menulisnya di tengah kesibukannya adalah dengan melihat teman-temannya yang konsisten menulis. Ia juga dapat terus menulis dalam genre yang ia sukai. Menulis dapat dilakukan secara perlahan, dengan mendahulukan ide-ide yang penting.

Adapun tips dan trik berprestasi dalam menulis menurut Bu Rita yaitu seseorang harus mahir dalam melihat peluang dan memiliki keberanian untuk mengikuti kompetisi, terutama yang sesuai dengan bidang yang mereka minati. Mereka juga harus mengikuti kompetisi yang berhubungan dengan penulisan, seperti blog, esai, karya ilmiah, cerita pendek, dan puisi, serta rajin melakukan penelitian tentang tema yang dilombakan..Selain itu, tujuan dari menulis adalah untuk mengembangkan alur cerita sedemikian rupa sehingga pembaca dapat memahaminya. Tulislah hingga ide selesai, lalu bacalah lagi dan lagi. jika tidak banyak yang bisa ditulis, maka banyaklah membaca. Terakhir, izinkan orang lain untuk membaca tulisan sehingga dapat menentukan apakah tulisan tersebut sudah jelas atau masih perlu diperbaiki.

Aturan-aturan dalam menulis tentu saja harus diikuti jika ingin tulisan berkualitas dan enak dibaca. Kesalahan apa yang sering terjadi dan tidak sesuai dengan aturan, agar bisa diminimalisir saat menulis. Kita akan lebih mudah menemukan kesalahan dan segera memperbaikinya agar lebih enak dibaca jika kita membaca berulang kali. Berikut ini link YouTube dari Ibu Rita yang akan memandu dalam menulis dengan baik dan rapi: https://www.youtube.com/@ritapinang10/videos

Seorang penulis pemula sering menemukan masalah seperti susah mendapatkan ide, miskin kosa kata, sulit merangkai kata, sering menunda-nunda, bingung mau menulis apa, tidak percaya diri dan merasa tulisannya jelek/tidak layak dibaca. Maka solusinya adalah banyak membaca dan menulis. Semua memerlukan proses untuk mendapatkan yang terbaik. Untuk mendapatkan prestasi juga diperlukan suatu proses. Ibu Rita juga berproses dalam mendapatkannya, hal ini dapat dilihat pada tulisannya berikut ini https://www.cikgurita.com/2022/07/perjalanan-menjadi-guru-inspiratif.html.

Refleksi: Prestasi harus dirintis dengan ketekunan dan berpeluh tanpa keluh.

Menulis memiliki manfaat yang banyak selain untuk beprestasi. Manfaat menulis menurut para ahli adalah meningkatkan kecerdasan, mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas, menumbuhkan keberanian dan mendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi. Adapun manfaat menulis dari segi Kesehatan adalah meredakan stress, memecahkan masalah dengan baik, menuangkan perasaan sesuai keinginan, memperbaiki suasana hati dan meningkatkan daya ingat.

Menulis bagi guru adalah modal utama untuk menyebarkan informasi dan berita serta materi lewat goresan tulisan melalaui media blog. Sekarang ini milyaran konten hadir didunia maya, tentu saja ada yang positif dan ada yang negative. Mari kita sebagai guru ikut berjuang dan ikut andil menjadi conten writer untuk memberikan ilmu yang bermanfaat bagi pembaca di dunia maya, yakinlah salah satu amalan yang tak terputus adalah ilmu yang bermanfaat.
(Rita Wati)

Sebaiknya kita terus mencoba berproses untuk mulai menulis karena banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan. Bukan tidak mungkin hal ini bisa menjadi pencapaian yang luar biasa jika kita akhirnya terbiasa. Sebuah perjalanan yang besar dan spektakuler dimulai dari satu langkah sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis