Selasa, 28 Februari 2023

Majalah Suara Guru

Resume keduapuluh dua

Kelas Menulis Gelombang Ke-28
Senin, 27 Februari 2023
Tema: Mengirim tulisan ke majalah suara guru
Narasumber: Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd.
Moderator: Sim Chung Wei, S.P.

Bapak Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd adalah guru di SMPN 1 Kemang Bogor yang merupakan Wakil Bendahara Pengurus Besar PGRI. Beliau adalah seorang guru yang berdedikasi tinggi dan sangat aktif menulis, beliau sudah menerbitkan lebih dari 20 buku, salah satu judul buku beliau adalah jangan dibaca: jika tidak ingin menulis. Beliau juga merupakan redaktur pelaksana Majalah Suara Guru PB PGRI. Berikut paparan beliau mengenai majalah suara guru. 
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebagai organisasi profesional guru sangat berperan dalam meningkatkan kompetensi guru. Organisasi ini juga telah melakukan gerakan literasi sejak tahun 1949 (lebih kurang 74 tahun) dengan melahirkan majalah suara guru. Majalah ini terbuka untuk semua guru dari tingkat PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi, Guru sekolah negeri ataupun swasta, Guru Honor ataupun ASN, Guru Sekolah atau Madrasah bahkan Pesantren. Jadi semua guru bisa berpartisipasi untuk mengisi majalah suara guru ini.

Majalah Suara Guru terbit setiap dua bulan sekali (dwi bulanan). Majalah ini memiliki tampilan yang sangat bagus karena halamannya full colour (penuh warna) dengan kertas kualitas tinggi (high paper glossy). Majalah ini berisi kurang lebih 76 halaman. Majalah hanya ada dalam bentuk cetakan jadi tidak ada dalam bentuk onlinenya.

Majalah suara guru menyediakan ruang ekspresi literasi dengan berbagai rubrik. Rubrik suara utama memuat sambutan dari ketua umum dan juga kebijakan-kebijakan serta isu-isu terkini mengenai pendidikan. Majalah ini juga memuat opini yang ditulis oleh guru. Opini ini paling banyak berisi 700 kata (sekitar 1,5 halaman yang ditulis dengan spasi 1,5, font Times New Roman dengan ukuran font 12).

Tips agar Tulisan/Opini bisa dimuat

Syarat agar opini bisa dimuat dalam majalah suara guru adalah tulisan yang dibuat merupakan tulisan asli penulis atau tidak mengandung unsur plagiarisme. Tulisan juga tidak boleh menyerang pribadi orang, tidak mengandung atau menyinggung SARA dan tulisan juga harus bersifat aktual yang berhubungan dengan bidang pendidikan, Bahasa yang digunakan adalah bahasa popular, komunikatif, lugas dan enak dibaca. Tips lain agar tulisan bisa dilirik tim redaksi adalah tulisan hendaknya berisi tentang topik yang aktual dan sesuai dengan tema yang akan diterbitkan, judul harus menarik dan menggugah selera pembaca dan sesuai dengan gaya selingkung majalah.

Majalah suara guru menyediakan rubrik destinasi/budaya/sejarah sehingga kita bisa mengirimkan foto dan ulasan mengenai destinasi-destinasi baik yang berkenaan dengan keindahan lingkungan dan alam di sekitar kita, wisata alam maupun kuliner dan juga berkenaan dengan budaya serta sejarah. Rubrik ini disajikan agar kita semua bisa mengenal ragam budaya dan sejarah serta keindahan dan keunikan wilayah-wilayah yang ada di Indonesia.

Majalah suara guru juga menyajikan rubrik praktik baik yang menampung tulisan mengenai pengalaman-pengalaman pembelajaran/praktik baik guru-guru dalam melakukan pembelajaran. Tulisan bisa dibuat dalam bentuk naratif, deskriptif sekitar 400 kata. Majalah ini juga memuat Rubrik liputan sekolah/madrasah/pesantren dan perguruan tinggi, sehingga kita juga bisa mengirim tulisan mengenai sekolah kita. Jika kita juga senang menulis mengenai motivasi, mutiara kehidupan ataupun kata-kata hikmah maka majalah suara guru menyediakan rubrik percik dan oase. Guru juga bisa mengirimkan karya-karya puisi dan sastra lainnya ke majalah ini. Tulisan-tulisan kita bisa dikirim melalui email majalah.suaraguru@gmail.com, dan untuk pemesanan atau berlangganan bisa menghubungi Ibu widya di nomor 087882289299.

Dunia literasi menjadi tanggung jawab kita semua, dimana literasi ini terhubung erat dengan kebiasaan membaca. Apresiasi terhadap tulisan orang lain dapat dilakukan dengan membaca, jadi literasi tidak hanya dilakukan dengan menulis tetapi juga dengan membaca. 
(Catur Nurrochman Oktavian)

Majalah suara guru memang majalah yang menampilkan banyak kegiatan-kegiatan organisasi PGRI, namun guru-guru juga diberikan ruang dan kesempatan untuk bisa berpartispasi mengisinya. Harga majalah yang sangat terjangkau yaitu Rp 25.000,00 sangat memungkinkan kita untuk bisa berlangganan Alangkah baiknya jika kita bisa berlangganan majalah ini. Mari kita bersama membesarkan majalah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Naik Pangkat

P ertemuan keduapuluh lima Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke-28 Pemateri: Dr. Imron Rosidi, M.Pd Moderator: Yandri Novitas S...

Resume Menulis